twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Tuesday, February 23, 2010

BAB III GAMBARAN UMUM PT GAPURA ANGKASA CABANG YOGYAKARTA

BAB III

GAMBARAN UMUM PT GAPURA ANGKASA

CABANG YOGYAKARTA

A. Sejarah Singkat Perusahaan

Pada awalnya PT. Garuda Indonesia selaku airlines melaksanakan kegiatan Ground Handling untuk keperluan perusahaan sendiri, mengingat kebutuhan akan pelayanan yang profesional dan tuntutan hasil kerja yang optimal dengan tanpa mengabaikan unsur keselamatan (safety), kehandalan (reliability), ketepatan waktu (punctuality) dan kepuasan pelanggan (costumer satisfaction), maka PT. Garuda Indonesia mempertimbangkan untuk menyerahkan kegiatan pelaksanaan ground handling untuk semua pesawat yang dimilikinya dan bisa berkonsentrasi pada operasional pesawat saja. Dari sinilah asal mula dibentuknya PT. GAPURA ANGKASA.

Gapura Angkasa adalah merupakan Perusahaan Perseroan Terbatas yang didirikan oleh tiga perusahaan BUMN yang sudah ada, yaitu :

  1. PT. Garuda Indonesia selaku Airline terbesar di Indonesia.
  2. PT. Angkasa Pura I, selaku pengelola seluruh bandar udara di Indonesia Timur.
  3. PT. Angkasa Pura II, selaku pengelola seluruh bandar udara di Indonesia Barat.

PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II (sebagai pemegang otoritas di hampir seluruh bandara di Indonesia). Pada tanggal 26 Januari 1998 dan bersamaan dengan ulang tahun ke-49 PT Garuda Indonesia maka komisaris dari ketiga perusahaan negara tersebut memutuskan untuk mendirikan PT Gapura Angkasa sebagai perusahaan pelayanan darat yang melayani penerbangan domestik dan internasional di pelabuhan udara. PT Gapura Angkasa terus menerus belajar dari pengalaman dan menjaga kualitas pelayanan kepada pelanggan. Tanggung jawab dan kewajiban PT Gapura Angkasa untuk menjadi pelengkap dan untuk bekerja sama dalam melayani operasional penerbangan di Indonesia dan untuk memberikan kecakapan dan ketepatan pelayanan yang hanya dapat diraih dengan mengembangkan sistem manajemen, peralatan yang layak dipakai dan memiliki motivasi tinggi merupakan kunci dari perjalanan perusahaan.

Pada mulanya PT Garuda Indonesia melaksanakan kegiatan secara keseluruhan mulai dari tiket, pelayanan penumpang, pelayanan pesawat serta penanganan kargo. Namun setelah dirasakan perlu adanya profesionalisme dalam pelayanan ground handling maka PT Angkasa Pura I dan II memutuskan mendirikan perusahaan baru. Dengan menempatkan beberapa tim kerja dari PT Garuda Indonesia untuk berkarir di PT Gapura Angkasa ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kepercayaan publik bahwa PT Gapura Angkasa dipegang oleh tim yang profesional dibidangnya.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan No: SR-04/MK/016/1996 dan akte pendirian nomor 32 tanggal 26 Januari 1998, bukti bahwa kerja sama antara PT Garuda Indonesia dengan PT Angkasa Pura I dan II melahirkan perusahaan baru yakni PT Gapura Angkasa. Pendirian PT Gapura Angkasa ini diharapkan mampu menciptakan sinergi kuat hingga tercapainya kinerja perusahaan yang sehat, profesionalisme yang pada akhirnya mampu mengembangkan misi perusahaan untuk menjadi perusahaan ground handling yang terbaik di Asia.

PT Gapura Angkasa telah mempunyai standar khusus untuk pelayanan penanganan ground Handling yang dikeluarkan oleh IATA meliputi :

1. Perwakilan dan akomodasi,

2. Load control dan Depertemen Komunikasi,

3. Unit Load Device (ULD) Control,

4. Penumpang dan Bagasi,

5. Kargo dan pos,

6. Ramp Handling,

7. Pelayanan Pesawat,

8. Pelayanan Bahan bakar,

9. Perawatan pesawat,

10.Flight Operation anf Crew Administration,

11. Transportasi darat,

12. Pelayanan Katering,

13. Pengawasaan dan admistrasi,

14. Keamanan.

Visi dan Misi PT Gapura Angkasa

Berikut visi dan misi PT Gapura Angkasa :

1. Visi dari perusahaan adalah mewujudkan mutu pelayanan prima jasa ground handling sesuai dengan standart IATA, sehingga perusahaan dapat berdiri sejajar dengan perusahaan besar yang berskala internasional.

2. Misi dari PT Gapura Angkasa adalah ikut meningkatkan kelancaran dan usaha penunjang kegiatan penerbangan di kawasan bandar udara seperti :

a. Pelayanan jasa yang handal dan berkemampuan tinggi dengan memperhatikan aspek keselamatan, kehandalan, tepat waktu dan kepuasan pelanggan.

b. Keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan.

c. Mewujudkan sumber daya manusia yang berjiwa dirgantara, professional dan mampu mengikuti perkembangan teknologi dan moda transportasi udara.

d. Mendorong partisipasi BUMN, swasta dan koperasi sebagai penunjang kegiatan penerbangan di bandar udara.

B. Organisasi dan Manajemen

Di dalam mengoperasikan perusahaan,harus teratur dan terkoordinir. Setiap perusahaan pasti mempunyai bagan organisasi. Struktur organisasi ini sangat penting dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Kantor PT Gapura Angkasa cabang Yogyakarta dipimpin oleh seorang General Manager (GM). Umumnya, GM mempunyai kekuasaan mutlak. Dalam melaksanakan tugasnya, General Manager dibantu oleh empat (4) manager seperti Manajer Internal Service, Manajer Operation, Manajer technic, dan Manajer finance.

Setiap manajer di unitnya masing-asing selalu dibantu oleh supervisor. Mereka selalu bekerja sama dan selalu bertanggung jawab dengan pekerjaan mereka, untuk membuat perusahaan lebih sukses dan kualitas semakin meningkat.

1.Struktur Organisasi

Gambar III.1

Struktur Organisasi PT Gapura Angkasa

Cabang Bandara Adisucipto Yogyakarta


Sumber : PT.Gapura Angkasa cabang Yogyakarta tahun 2009

2. Job Description

a) General Manager

General manager memiliki tugas-tugas sebagai berikut:

1) Melaksanakan kebijakan umum dan teknik perusahaan dalam hal kargo, bagasi, pos, pelayanan terhadap pesawat udara, fasilitas dan medium operate, keamanan dan juga administrasi umum dan keuangan dalam branch level.

2) Mengobservasi, mengontrol, mengevaluasi pelaksanaan konstruksi.

3) Passing on construction of administration all aspect in branch area.

4) Compiling arrangement work dan perencanaan kerja konstruksi di lapangan dari bagasi, kargo, pos, pelayanan pesawat udara, fasilitas dan medium operate, keamanan, dan juga administrasi keuangan dan umum di level bawah.

5) Mengkoordinasikan pendelegasian perusahaan.

6) Melakukan koordinasi dengan institusi di dalam dan di luar lingkungan PT Gapura Angkasa demi kelancaran kerja.

7) Meningkatkan saran dan pertimbangan kepada dewan direktur tentang pelaksanaan tugas bawahan.

8) Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh dewan direktur.

b) Internal Service Manager

Tugas-tugasnya adalah:

1) Melaksanakan kebijakan umum dan teknis yang berhubungan dengan bagian umum dan administrasi.

2) Menyusun rencana kerja di bagian umum dan administrasi.

3) Mengeluarkan administrasi konstruksi semua elemen di lingkungan administrasi dan umum.

4) Mengobservasi, mengontrol, dan mengevaluasi pelaksanaan konstruksi di bagian umum dan administrasi.

5) Mengurus korespondensi, penerimaan, pajak retribusi, distribusi, managing office.

6) Mengeluarkan bahan-bahan untuk perawatan dan cadangan.

7) Mengatur transportasi di darat.

8) Mengatur pertemuan-pertemuan dan acara-acara.

c) Operation Manager

1) Mengaktualisasikan kebijakan teknik dan humas dalam hubungan dengan perwakilan, akomodasi, load control, depco, ULD control, ramp handling, flight operation, transport darat, pengawasan adminstrasi, keselamatan kerja.

2) Mengatur rencana kerja dalam operasional meliputi, perwakilan, akomodasi, load control, depco, ULD control, ramp handling, FO, transpor darat, pengawasan dan administrasi, keselamatan kerja.

d) Technic Manager

1) Mengaktualisasi kebijakan teknis dan humas dalam hal pelayanan pesawat meliputi pelayanan bahan bakar dan oli, perawatan pesawatan dan kualitas kontrol.

2) Mengatur rencana kerja dalam pelayanan pesawat meliputi bahan bakar, perawatan, dan kualitas kontrol.

3) Membuat konstruksi administrasi untuk semua elemen di lingkungan kerja.

4) Mengobservasi, mengontrol, dan mengevaluasi pelayanan pesawat, bahan bakar dan oli, dan perawata pesawat.

5) Memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam hal mengadakan fasilitas untuk mendukung kinerja pelayanan yang bagus.

e) Finance Manager

1) Mengatur rencana keuangan di kantor cabang,

2) Mengobservasi, mengontrol, dan mengevaluasi pelaksanaan konstruksi dalam hal keuangan.

3) Berkoordinasi dengan lembaga di dalam dan di luar lingkungan PT Gapura Angkasa.

4) Mengaktualisasi kebijakan teknis dan humas dalam hubungan dengan keuangan.

C. Kegiatan Usaha Perusahaan.

PT Gapura Angkasa sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha penunjang kegiatan di bandara merupakan perusahaan jasa layanan Ground Handling yang meliputi jasa pelayanan menyeluruh pre-flight sampai post-flight bagi pelanggan yaitu perusahaan penerbangan baik domestik maupun internasional bagi para penumpang.

Pelayanan yang diberikan kepada customer (airport) oleh PT Gapura Angkasa secara garis besar dibagi tiga yaitu :

1. Passenger and baggage handling

Mencakup pelayanan pre flight sampai post flight. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, unit ini terbagi dalam beberapa bagian yaitu :

a. Check-in counter adalah tempat pelaporan penumpang dan bagasinya,

b. Boarding gate adalah ruang tempat tunggu penumpang yang akan naik ke pesawat,

c. Lost and found adalah tempat untuk melapor jika penumpang mengalami kerusakan pada bagasinya, kehilangan bagasinya, dan sebagainya.

2. Operation, terdiri dari unit-unit :

a. Departemen control adalah unit kerja di jajaran apron PT Gapura Angkasa yang bertugas memonitor dan mengkoordinasi pelaksanaan seluruh operasional penerbangan yang ditangani oleh PT Gapura Angkasa di bandara.

b. Load control adalah unit kerja di jajaran apron PT Gapura Angkasa yang bertugas mempersiapkan, mengontrol dan membuat dokumen muatan pesawat.

c. Load master adalah staf yang bertugas menaikkan dan menurunkan muatan dari dan ke compartment pesawat,

d. Ramp handling, adalah unit kerja di jajaran apron PT Gapura Angkasa yang bertugas sebagai koordinator pelaksanaan handling pesawat di apron.

3. Kargo, terdiri dari unit-unit :

PT. Gapura Angkasa melaksanakan pelayanan pengiriman kargo yang dimulai dari proses penerimaan, storage dan pemberangkatan kargo (Outgoing dan Incoming Cargo). Adapun airlines yang dilayani atau menggunakan jasa PT. Gapura Angkasa Cabang Bandar Udara Internasional Adai Sucipto Yogyakarta, antara lain :

1. Garuda Indonesia (GA)

2. Malaysia Airlines (MH)

2 comments: